December 17, 2011

Day 17


Day 17: a book you read that change your views on something

Buku pertama yang berhasil merubah cara berfikir dan sudut pandangku terhadap HIDUP *sekali lagi, Hidup!* adalah 5 CM yang pertama kali au baca waktu SMA (lupa, kelas 2 atau 3).
Disaat orang-orang baru heboh sama Doni Dirgantoro pas kuliah, aku udah baca buku itu dari SMA. Waktu itu mungkin bukunya belum se-booming sekarang. Apalagi mau di-film-in. Makin heboh. Tambah lagi Doni udah nerbitin buku keduanya yang berjudul ‘2’, which is on my opinion nggak seseru 5 CM.

Buku kedua: Catatan Seorang Demonstran

Yang ini dibaca pas kelas 2 SMA. Makanya pas SMA pengen banget cepet-cepet jadi mahasiswa. Sebuah cita-cita yang mulia, karena sampai saat ini cita-cita itu masih dirasakan sensasinya

Waktu SMA, udah merasa keren banget, karena baca buku-buku kayak begituan. Disaat temen-temen masi sibuk baca teenlit (ini aku juga baca, tenang aja, I was a normal highschool teen at the time) aku juga baca buku yang berkategori ‘berat’. Karena masih muda (sekarang masih), kayaknya buku itu ‘wah’ banget. dan mungkin karena masih SMA, buku ini meninggalkan kesan yang berarti.
Pada saat itulah aku udah mulai berpikir tentang apa itu hidup, masa depan, dan apa-apa saja yang mau kita isi buat hidup ini. Bahkan aku bisa bikin temen-temen lain tertarik buat ikutan baca saat aku menceritakan kembali isi bukunya.

Buku ketiga: Capita Selecta

Mulai dari cara mendapatkan buku ini, udah berkesan banget. Susaaah banget. Banyak birokrasi yang harus ditempuh samapai akhirnya buku ini berhasil dibawa ke Padang. Big Huge buat Papa, I Love You. I give you my word not to lend it to anybody else.

Capita Selecta 1 membahas tentang budaya, filsafat, agama, sampai ketatanegaraan. Buku 2 nya ada pidato-pidato kenegaraan jaman dulu gitu. Tapi sejujurnya buku ini belum selesai aku baca. Selain karena butuh fokus level tinggi biar paham sama isinya, penggunaan ejaan dan tata bahasa lama bikin kecepatan membaca jadi menurun.

Eh, kayaknya salah deh. Judul diatas “A Book”. Malah bikin 3. *dirajam*

P.S: waktu bikin ini, I recognize something: I have a new fan. Li’l bit copycat unfortunately.

3 komentar:

Ifnur Hikmah (iiph che) said...

Ewww, di saat lo udah sibuk baca buku-buku berat sejak zaman SMA, gue sampai sekarang masih terjebak di dunia Mtropop, Amore, Harlequin, dan Chicklit (Being SIngle and Happy), yah.. pokoknya Gramedia punyalah, dan oh ya novel roman Gagas (waktu SMA i'm a teenlit maniac, hahaha) karena sesuai sama jiwa gue #tsahhhh

eniwei, copycat? Saha?

takodok said...

pas SMA saya cuma baca Detective Conan dan komik serial cantik :))

Fhia said...

@iif: yang itu juga siih..haha..apapun lah bukunya, yang penting dibaca

@takodok: kecuali Conan ama Doraemon, ga suka Komik kaak :D

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates