March 27, 2012

Taman Rahasia (The Secret Garden)


Judul: Taman Rahasia (The Secret Garden)
Penulis : Frances Hodgson Burnett
Alih Bahasa: Barokah Ruziati
Penerbit: Gramedia
Maret 2010, 320 halaman.

Berkisah tentang Mary, seorang bocah perempuan berasal dari India yang berkepribadian manja dan pemarah. Sepeninggal orang tua dan pengasuhnya akibat wabah kolera, Mary terpaksa dipindahkan ke Inggris untuk tinggal bersama pamannya, Mr. Craven. Selama di Inggris Mary harus beradaptasi dan belajar mandiri, karena dia tidak terbiasa melakukan segalanya sendiri. Di tambah lagi kondisi rumah pamannya yang sangat besar dan taman yang luas namun sepi.

Dalam kesepiannya itulah, Mary mulai menemukan kejutan-kejutan yang tidak dia sangka sebelumnya. Mulai dari mencari tahu tentang sebuah taman yang ditutup selama 10 tahun, tepat ketika istri dari Mr.Craven meninggal, hingga mememcahkan misteri suara tangisan anak kecil yang terdengar ketika malam hari, yang ternyata adalah Colin, sepupunya. Mereka berdua bersama Dickon, seorang anak yang mempunyai bakat luar biasa, memulai petualangan memecahkan misteri Taman Rahasia.

Novel klasik yang sarat nilai, bagus untuk dibaca semua kalangan. Kenapa klasik? Karena telah berumur lebih dari seratus tahun (dicetak pertama kali tahun 1910). Bagi anak-anak, mereka dengan mudah bisa membayangkan latar dengan daya imaji masing-masing karena novel ini memiliki gaya penulisan yang deskriptif. Teruntuk kalangan dewasa khusunya orang tua, novel ini penuh dengan pembelajaran mengenai nilai-nilai yang bagus untuk penanaman karakter seorang anak. Tak ketinggalan apresiasi yang luar biasa untuk penerjemah yang membahasakan novel ini dengan kata-kata yang lugas dan sederhana sehingga mudah dipahami.   


Quotes on Taman Rahasia:
Anak gadis, coba dengar! Kau sibuk mengatakan tidak suka orang ini, tidak suka orang itu. Apakah kau menyukai dirimu sendiri?
(Martha - Hlm. 70)

Kau tidak bisa langsung melompat seratus kali, tapi kalau kau berlatih lama-lama akan bisa. Itu kata Ibu.
Martha – Hlm.80

Hujan sama keras kepalanya seperti aku dulu. hujan turun karena dia tahu aku tak menginginkannya.
Mary – Hlm.135

Ibu bilang seorang anak tidak seharusnya hidup tanpa udara segar dan tidak melakukan apapun selain berbaring, membaca buku bergambar dan minum obat.
Martha – Hlm. 155

Ibu bilang yang paling buruk adalah kalau seorang anak tidak pernah dituruti atau selalu dituruti.
Martha – Hlm. 198

Ibu adalah semua yang aku...aku inginkan
Colin – Hlm. 301


0 komentar:

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates