October 29, 2011

Suatu Pagi Di Kosan


Suatu Pagi Di Kosan.

Pagi sakral saya dinodai dengan keisengan online dan membaca garis waktu yang tidak begitu penting. Dan sepertinya itu adalah konsumsi paling berbahaya di pagi hari (semoga kedepannya aku ingat untuk tidak melakukan ini lagi). Garis waktu pagi ini dipenuhi oleh kicau seorang perempuan yang memiliki ketertarikan lebih terhadap dunia politik. Sepintas lalu memang tak ada salahnya dari hal ini. Namun, keisenganku pagi ini adalah membayangkan kondisi emosional si perempuan ini kalau nanti, ketika dia sudah menikah dan memiliki anak, mengawali setiap harinya dengan perbincangan politik.  Kasihan juga anaknya. Yah, mudah-mudahan saja nanti anak-anaknya memilik ketertarikan yang sama. Karena kalau kata Kahlil Gibran, kata paling indah yang diucapkan seseorang adalah Ibu.
Kadang aku juga ingin menjadi seorang wanita karir yang punya dunia sendiri. Tapi kemudian, ketika aku pikir lagi, aku nggak mau menentang kodrat untuk menjadi seorang Ibu. Seperti Mama, yang selalu ada buat anak-anaknya. Mama yang nggak pernah bilang: Mama sibuk, lagi rapat. Telpon nanti aja. Atau, mama ada jadwal kampanye. Haduh, nggak kebayang.

Ah, sudahlah. Masih pagi.
Penghayatan pagi yang asyik sudah ternodai dengan perdebatan dalam kepala tentang filsafat hidup perempuan. Jalanku masih panjang. Belum tau akan menghadapi apa nanti. Belum tau akan merangkai hidup yang seperti apa dan menghadapi konflik seperti apa. Terlepas dari keinginan-keingnan hati tentunya.
Karena toh secara personal, berdamai dengan konflik internal tidak kalah berbahayanya dengan menentang konflik internal. Penerimaan atau penolakan nanti akan tumbuh dengan proses logika untuk mencari solusi.

Sudaaaah…
Mari bangkit dari tempat tidur ini dan hidupkan musik. Breaking Benjamin sepertinya bisa membantu membesarkan pupil mata yang masih sayu.

*catatan di blocknote. Tertanggal 24 oktober 2011.

2 komentar:

Yonadia Andriani said...

fia, tukeran link yukk..

Fhia said...

udah fia coba buat masukin ona ke blog list fia..tp kok ga bisa ya? ga tau knapa..bentar lagi fia coba lagi deh..
ona juga follwong blog fia ya..biar rame, tp pake akun google..
makasi..

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates