April 19, 2015

Ketika Isi Blog Sudah Mulai Tidak Menarik Lagi

foto diambil dari Mading 2.0 Blogger Palanta di #SMSFest2014

Sejak beberapa bulan belakangan, tepatnya sejak awal tahun deh, aku mulai nyadar kalau konten blog aku semakin monoton. Kalau nggak review buku , ya cerita jalan-jalan. 

Nggak hanya itu, kadar menulis di blog juga semakin berkurang sejak kerja. Yah, memiliki 5 hari kerja seminggu (diluar lembur) memang menguras waktu. Sisa 2 hari di penghujung pekan juga tentunya dihabiskan buat hal-hal lain dalam hidup seperti keluarga, teman (selain teman kantor, of course), komisariat, atau pacar (#eh, emang punya?). Belum lagi kalau ada acara ini itu, semakin berkuranglah waktu untuk diri sendiri yang benar-benar sendiri.

Meskipun begitu, aku bersyukur karena tahun ini sepertinya aku sudah bisa beradaptasi dengan ritme dunia kerja (aamiin) dan mulai bisa membagi waktu untuk membaca buku juga nyempet-nyempetin bikin postingan di blog. Tanpa harus memaksakan diri. Kalau lagi pengen ya aku kerjain. Kalau nggak, aku pun nggak menjadikannya beban. Dengan begitu, aku menjadikan semuanya menjadi lebih mudah untuk dijalani. Buktinya rata-rata tulisan di blog sampai dengan tiga bulan ini cukup stabil. Jumlah buku yang dibaca pun melampaui target bulanan. Dan walau bagaimanapun, kerja yang aku geluti sekarang adalah yang menunjang aku untuk tetap melakukan hal-hal yang kau inginkan, atas izin Allah. Alhamdulillah. Eits, aku kayak lagi ngasi laporan bulanan aja. Bahasanya formal banget.

Balik ke cerita awal. Tetep saja memang banyak hal-hal kecil yang sudah sangat jarang aku kerjakan atau aku pikirkan untuk kemudian dituliskan di blog. Misalnya, ‘mengurus’ organisasi tempat aku pernah menghabiskan waktu karena toh sekarang udah bukan jaman aku lagi, nontonin stok film di laptop three or four in a row apalagi film serial yang bahkan aku sendiri udah nggak terlalu minat lagi buat abisin stoknya tapi juga belum mau di-delete dengan harapan masih akan ditonton suatu saat nanti, blogwalking semaleman suntuk, atau bikin tulisan-tulisan ringan hasil melihat-melihat sekitar atau sekedar mengeluarkan sesuatu dalam kepala.

Poin terakhir itu...yang aku rindukan.

Dulu, ada-ada saja yang mau ditulis. Ada-ada saja yang bisa jadi bahan untuk di-update. Konten blog aku lebih penuh warna. Ada lirik lagu, video youtube yang di-share cuma karena suka lagunya, foto-foto nggak penting, tulisan-tulisan galau a la mahasiswa, sampai flashfiction yang pernah nongol beberapa kali di buku terbitan @nulisbuku. Wuiss...masa-masa jaya.

Bukan berarti sekarang tidak jaya lagi sih. Hahaha...

Huss, nggak boleh sombong.

Kalau dulu seseorang pernah bilang, blog aku bisa diibaratkan sebagai ‘aku’ dan gambaran hidup yang aku jalanin dalam bentuk tulisan, dari sejak jaman copy-paste bulletin board-nya friendster sampai sekarang. Lantas apakah di titik ini berarti hidupku hanya berkutat dengan kantor yang jarang aku tulis (emang pernah?), lalu buku yang aku baca dan tempat-tempat yang aku kunjungi? Hmm...rasanya tidak juga. Hal-hal kecil yang aku perhatikan masih banyak. Berbagai macam jenis perasaan masih bercampur dalam hati dan pikiran bahkan lebih rame dari sebelum-sebelumnya.

Hanya saja bedanya dulu aku menuliskannya. Sekarang tidak.

Ritme kehidupan sudah berbeda apalagi sejak negara api menyerang.

Buat aku, untuk menulis 2 halaman saja bisa menghabiskan waktu beberapa jam. Tulis ini, tulis itu, hapus sana sani, baca ulang lagi. Semuanya butuh waktu. Iyalah, menulis kan juga proses berpikir. Coba aja.

Dan untuk sekarang, menghabiskan waktu seharian penuh di depan layar laptop lagi setelah hampir seminggu juga seperti itu, aku nggak mau juga donk. Ini aja udah bikin minus mata nambah -_-“. Makanya terkadang, aku memilih membiarkan sesuatu entah apalah itu menari-nari di otak, lalu menuliskannya di draft atau notes smartphone tanpa ada beban (hanya keinginan) mesti dijadikan postingan di blog. Dan sesungguhnya dari situlah timbunan postingan berasal.

Yasudah, Nggak perlulah aku berpanjang lebar lagi di sini, mengurai alasan demi alasan kenapa isi blog aku sekarang tidak menarik lagi. You can think, whatever you want to think. I won’t judge whether it right or wrong. I don’t want to describe, either. Yang penting aku bersyukur (Alhamdulillah) karena masih tetap nulis, tetap nge-blog. Apapun tulisannya. Bahkan nanti, jika naik ke level kehidupan yang selanjutnya. Jadi tulisan-tulisan aku nggak lagi membosankan (itupun semoga masih punya kesempatan untuk tetap nge-blog). Dan yang lebih penting lagi, mudah-mudahan timbunan tulisan yang masih aja belum diposting bisa segera direalisasikan.   
Aaamiin.

Eh, postingan ini bukan review buku atau jalan-jalan lagi lho J

7 komentar:

Ila Rizky Nidiana said...

Tapi menulis tetap butuh ya, mba. Untuk mengurangi stress akibat kebanyakan lembur, hehe. Nikmati hidup dengan segala ritmenya, suatu saat kita akan butuh menengok ke belakang, dan melihat catatan di blog jadi tahu seberapa banyak yang sudah dilalui.

Lailaturrahmi said...

Yang penting dinikmati aja, Kak :)

Fhia said...

@Mbak Kiky: Iya mbak..buat ngurangin stres, biar tetep waras..hehehe. insya allah.

@Ami: Iyadonk my...dinikmatin dan disyukuri :)

white.crysant said...

Hai.. hai Fhiaa.. :D

Beby Rischka said...

Semua orang punya prioritas kan ya.. Yang penting menulis lah apa yang kira-kira bermanfaat buat orang lain..

Syemangat! :D

AuL Howler said...

Alhamdulillah, seenggaknya udah bisa mengimbangi ritme kerjaan dengan hiburan buat diri sendiri, walaupun nggak lama-lama amat kan kak :)

Sama aja sih
Sejak tahun akhir rasanya postingan blog Aul juga kurang berwarna kak. MAsih berwarna sih, tapi nggak se colorful dulu hihihi

But after all I enjoyed every post I write. Meskipun kadang cuma separagraf ditambah foto (which is dari handphone, pake applikasi "yang itu" hihi. thank you plsystore!)

Yang penting update

Namanya juga kita personal blogger ya kak. Selalu ada kebahagiaan yang muncul kala tombol "publish" itu dipencet

:)

P.S.
Long time no heeeereeee

Fhia said...

@white.crysant: Hai hai juga :)

@Beby Rischka: Terima Kasih, tetap semangat!

@Aul: Iyaaa...yg penting update.

All, thanks for comment yaa.. *ketjup satu-satu*

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates