April 22, 2014

[review] Bumi - Tere Liye


Bumi.
Apapun yang terlihat boleh jadi tidak seperti yang kita lihat. Apapun yang hilang tidak selalu lenyap seperti yang kita duga.
Nggak nyangka kalo ternyata Bumi adalah Novel Fantasi karangan Tere Liye. Dari beberapa karangan Tere Liye yang udah aku baca, memang semua tentang kehidupan sehari-hari yang dibalut dengan pemahaman dalam ruang hikmah yang mendalam. Tapi yang ini beda. Seolah Tere Liye menyuguhkan warna baru dalam tiap karangannya. Mungkin supaya nggak monoton juga. Kan keren ada berbagai genre jadinya. Oiya, aku belum baca yang Sang Penandai sih, jadi nggak tau kalau Tere Liye juga bikin fantasi gini.
          
  Tentang seorang remaja 15 tahun yang memiliki kemampuan menghilang. Plus teman-teman yang masing-masing punya kekuatan berbeda dan dari asal alias klan yang berbeda pula. Diceritakan juga bahwa ada beberapa kehidupan lain yang berjalan dalam waktu yang bersamaan selain Bumi. Hanya saja karena dimensi yang berbeda maka tidak terjadi benturan satu sama lain.  

Awalnya rada ngeri sih. Karena ada makhluk-makhluk apa gitu suka muncul dalam cerminnya Raib. Tapi bikin penasaran juga, karena nggak percaya masa sih Tere Liye cerita tentang hantu-hantuan. Eh, emang beneran bukan sih J.

Yang suka novel fantasi, bolehlah dimasukin dalam daftar bacaannya. Tapi jangan bandingin sama novel fantasi terjemahan ya. Ya jangan bandingin aja deh pokoknya.   
Sumber kekuatan terbaikmanusia dalah yang kalian sering sebut tekad, kehendak. (hlm. 137)

0 komentar:

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates