March 13, 2023

[review] Dunia Kafka - Haruki Murakami


 

Judul : Dunia Kafka
Judul Asli: Kafka On The Shore
Penulis: Haruki Murakami
Penerbit : Pustaka Alvabet
Halaman : 608 halaman

Sebuah usaha yang berat untuk menikmati novel ini sejak awal cerita. Ada perasaan: Duh, kapan selesainya? Namun perasaan itu ternyata berubah ketika menemukan bagian menarik setelah 250-an halaman. Memang ciri khas Murakami yang detail dalam mendeskripsikan sesuatu. Namun, disitu pula kekuatan Murakami yang selalu berhasil membuatku bertahan sampai halaman terakhir.
 
Berkisah tentang Kafka Tamura, remaja yang kabur dari rumah dan dari ayahnya, serta Nakata, seorang kakek yang memiliki keahlian untuk berbicara dengan kucing. Masing-masing tokoh memiliki alur yang berbeda dalam dunia yang berbeda pula. Keduanya tidak saling bertemu bahkan sampai di akhir cerita tapi ada satu titik dimana dunia mereka terhubung.
 
Aku suka endingnya.

Meskipun begitu, bagi yang belum pernah membaca Murakami sebelumnya sangat disarankan untuk tidak menjadikan Dunia Kafka (Kafka On The Shore) sebagai perkenalan. Nanti kaget.
 
Keren sih. Dari semua buku Murakami yang sudah aku baca sebelumnya (1Q84 dan Norwegian Wood), Dunia Kafka lebih terasa magical realism-nya. Lebih sureal deh pokoknya.

Kita masing-masing telah kehilangan sesuatu yang sangat berharga bagi kita. Kehilangan berbagai kesempatan, berbagai kemungkinan, kehilangan perasaan yang tidak akan kembali lagi. Itu merupakan bagian dari apa artinya hidup. Tapi di dalam kepala kita -paling tidak di situlah kita membayangkannya- di sana ada sebuah ruang kecil di mana kita menyimpan kenang-kenangan tersebut. Ruangan seperti rak-rak di perpustakaan ini. Dan untuk memahami hasil-hasil karya hati kita, kita harus membuat kartu-kartu referensi yang baru. Sesekali kita harus membersihkan semuanta, membiarkan udara segar masuk, mengganti air dalan vas bunga. Dengan kata lain, kau akan tinggal selamanya dalam perpustakaan pribadimu. ~ Hal. 592

0 komentar:

 

tentangku © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates